Selasa, 17 Agustus 2010

monas lambang kebangkitan bangsa

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah icon kota Jakarta. Monumen Nasional terletak di pusat kota Jakarta, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya.
Monumen Nasional yang terletak di areal seluas 80 hektar ini dibangun pada dekade 1920an. Tugu Peringatan Nasional yang dibangun di Jakarta Pusat, diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono. Menurut catatan sejarah Indonesia Monas mulai dibangun 17 Agustus 1961 atas keinginan Presiden Soekarno dan diresmikan pada 12 Juli 1975 Oleh Presiden kedua negara Republik Indonesia Soeharto.
selain sebagai icon Indonesia dan Jakarta tugu Monas juga dibangun untuk melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terbangkit inspirasi dan semangat patriotisme generasi baik dikala itu, sekarang dan mendatang.
Tugu Monas yang menjulang tinggi itu sama dengan alu atau antan yang merupakan dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Adapun lumbung sebagai pasangan alu tersebut adalah pelataran yang ada di bawahnya. Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap sudut rumah penduduk pribumi Indonesia. Dalam arti kata monas juga melambangkan budaya Indonesia yang sama antara satu dengan yang lainnya
Lidah api seperti obor yang menyalah adalah bagian yang tertinggi dari Monas, bagian puncak Monas ini terbuat dari perunggu yang tingginya 17 Meter dan diameter 6 meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini dilapisi emas seberat 45 kg. Lidah api Monas terdiri atas 77 bagian yang disatukan. Lidah api “Api Nan Tak Kunjung Padam" merupakan simbol perjuangan Rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekan dan mempertahankannya yang tak pernah padam. Atau mungkin bisa katakan lidah api ini menggambarkan semangat yang menggelora.

1 komentar:

  1. semoga di hari kemerdekaan ini kita bisa menghayati nilai-nilai kemerdekaan itu...

    BalasHapus